Silat Si Bunder

akhir akhir ini gw dapet olahraga baru dan mainan baru. berhubung gw orang nya suka olahraga apalagi yang nama nya bela diri. pasti gw selalu melalang buana mencari beladiri yang baru dan unik khususnya beladiri bawah tanah ( yang ngga terkenal). gw sendiri lazmana hawali belajar beladiri itu pas gw masih duduk di sekolah mengah pertama, nah di situ tuh gw sampe detik ini alhamdulillah dan masih belajar. beladiri petama gw dulu Thifan po khan Tsufuk yang dikenaliin oleh sahabat gw kaka bayu. thifan ini sendiri gw belajar cuma 4 tahun. karna menurut gw terlalu berat dan ngga praktis untuk zaman sekarang. akhirnya gw memutuskan cabut dari thifan po khan. akhirnya menjalang sma sampe lulus gw sempet belajar beberapa beladiri yang umum kaya muay thai camp, ninjitsu, dan juga sempet juga mix martial art. di situ gw berasa kemampuan beladiri gw masih kurang dan turun level.

Dari lulus sekolah menengah atas gw sempet istirahat dulu ngga latihan lagi. berhubung yang nama nya udah hobi dan medarah daging suka yang nama nya seni tarung. gw coba lagi deh ngulik ngulik beladiri yang bawah tanah. pas gw lagi nongkrong di masjid ada beberapa temen di masjid, yang satu hobi kaya nunjukiin teknik baru gitu ke gw. temen gw nomong ke gw "laz laz coba deh lu pukul gw ke arah wajah atau perut" waaah dalam hati gw iseng banget nih anak minta di pukul. yaudah gw bilang "siap siap lu yak" langsung secepat kilat dan senyap gw pukul telak ke daerah perut ciiiiiiat. hal hasil dia mengelak dan menyambut serangan gw dengan bahu. di situ gw terkejut sekali. gw bilang "teknik apan ini?" temen gw bilang "ini nama nya silat si bunder". apaaa? silat si bunder? silat apaan tuh. temen gw kasih tau gw jadi silat si bunder itu adalah salah satu silat aliran mainan pukul betawi punya.

Silat si bunder itu sendiri memang sangat unik dan bawah tanah banget. dan beladiri bunder ini juga menjungjung nilai nilai islami dan sunnah loh. woooow akhirnya dapet wawasan beladiri islam lagi hehe. kenapa di bilang silat si bunder? karna gaya bertarung dia yang melingkar, dan gak ada habis nya seperti lingkaran. Dan seruunya lagi nih silat si bunder ini. mengantisipasi serangan musuh dari depan belakang samping kanan kiri atau bawah. bunder pasti bisa mengantsipasi nya, bahkan bisa bebalik ke lawan tersebut. Silat si bunder sendiri sifat nya dia menunggu lawan masuk. jadi khusus pesilat si bunder ngga boleh kita meneyerang duluan. harus musuh yang menyerang duluan. dikarnakan itu adalah makanan si bunder sendiri. metode metode si bunder ini cukup unik. pertama gw latihan aja belajar kuda kudanya di bawah kolong meja, bayangiin aja serendah apa kuda kuda nya. ngga ada yang mampu bertahan kuda kuda bunder selama 10 menit walau atlit atau tni sekali pun.di bunder juga belajar bertarung dalam kondisi tangan kita di borgol belakang dan depan. maksudnya tangan kita di ikat sekali pun. kita masih bisa bertempur dan melawan musuh. tuh unik kan silat bunder.dan di bunder juga belajar yang nama nya serang sambut musuh, mengelak, tumpah bakul, dan sampe tahap pembasmiaan (menyeramkan). tahap pembasmian di silat bunder ini agak mengerikan, kenapa mengerikan ? karna saat mush menyerang, kita sebagai pesilat si bunder ngga ada kompromi lagi sama musuh. kalo bahasa nyentrik nya " LO JUAL, SINI GW BORONG!" (menyeramkan). ya sekali lagi sebelum gw tutup nih artikel. sebenernya nya semua beladiri bagus, tapi balik lagi sama pesilat nya itu sendiri bagaimana memakai nya. kan kalo kata peribahasa " senjata yang baik adalah bukan senjata yang canggih, tetapi senjata yang terbaik adalah bagaimana pengguna senjata tersebut" sekian dari gw lazmana.h




Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer