Kisah Sayang rasullah Saw. Kepada Orang Yang Tidak Tahu

APA Yang dilakukan orang paling sabar yang pernah kamu kenal saat seseorang membuang air kecil di dalam masjid? memarahinya? kemungkinan besar! menegurnya dengan baikuntuk tidak buang air kecil sembarangan? Bisa jadi, tetapi kecil kemungkinan nya sangat kecil!

hal ini pernah terjadi di zaman rasulullah Saw. ketika itu, seorang Badui yang tidak tahu-menahu tentang hukum dan peradaban tiba-tiba datang dan langsung buang air kecil di dalam masjid.

Tindakan orang Badui itu tentu saja memancing reaksi para sahabat yang melihatnya. Sahabat rasulullah menegur orang Badui itu dengan keras. Meminta laki-laki itu menghentikan perbuatanya.

Tahukah Anda apa yang dilakukan oleh rasulullah Saw.? Beliau adalah orang yang paling mencintai dan menghormati masjid. Marahkah beliau ketika melihat perbuatan orang Badui itu? Apakah beliau menyuruh para sahabat segera membawa orang Badui itu ke luar dari masjid?

Ternyata tidak, Dengan tenang rasulullah Saw. Bersabda, "Biarkan dia"

Mendengarkan sabda tersebut, sahabat-sahabat beliau pun membiarkan laki-laki Badui tersebut sanpai selesai buang air kecilnya

Ketika orang badui itu telah menuntaskan hajatnya, barulah rasulullah Saw. memanggilnya dan bersabda, "Sesungguhnya masjid ini tidak boleh terkena air kencing ataupun kotoran lain nya sedikit pun. Sesungguhnya ia digunakan untuk mengingat Allah, shalat, dan mebaca Al-Quran." Setelah itu, rasulullah memerintahkan salah seorang sahabat untuk membawa seember air. kemudian beliau menyiramkan air tersebut ke bekas kencing orang Badui tadi. (HR Bukhari Muslim)

demi Allah, perhatikanlah wahai kaum muslim, betapa lembutnya perlakuan beliau kepada orang yang tidak mengetahui. Beliau tidak mengusir, tidak memarahi, juga tidak menegur nya dengan kata-kata yang keras. beliau menegur secara baik-baik. beliau pun memberi penjelasan mengapa hal tersebut tidak diperbolehkan. jadi, bukan sekedar melarang.

subhanallah.

betapa kita sering lupa mengikuti teladan beliau. betapa kita sering menegur dengan keras dan melarang tanpa memberi penjelasan secara gamblang. Menyalahkan tanpa memberitahu letak kesalahanya

" Dan tiadalah kami mengutus kamu melainkan sebagai rahmat bagi semesta alam." (QS Al-Anbiyaa' [21] : 107)

Komentar

  1. Rasulullah SAW adalah sebaik-baiknya manusia. Terhadap orang "bodoh" beliau penuh kasih. terhadap musuh beliau berperikemanusiaan, terhadap ummatnya beliau penuh cinta.

    kakbayu
    CEO kakbayu.web.id

    BalasHapus
  2. Blog kamu sudah di direktori online http://www.kakbayu.web.id/component/option,com_weblinks/catid,24/Itemid,63/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer